PENENTUAN STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN ALGORITMA CLUSTERING K-MEANS
DOI:
https://doi.org/10.47775/ictech.v12i1.17Abstrak
Penerimaan mahasiswa baru di STMIK Widya Pratama Pekalongan merupakan kegiatan setiap tahun. Setiap pelaksanaan terdapat beberapa kendala dan permasalahan. Masalah sejak tiga tahun yang lalu adalah penurunan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru. Beberapa evaluasi dilakukan untuk meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Permasalahan yang lain antara lain kurangnya peminat program studi tertentu, sehinga pendaftar di program studi Akuntansi Komputer sedikit. Berdasarkan data pendaftaran siswa baru dalam penelitian ini akan dianalisa dengan metode pengelompokan / klustering menggunakan algoritma K-Means untuk mendapatkan informasi-informasi sesuai kelompok-kelompok tertentu dari data pendaftaran tahun sebelumnya. Hasil klustering akan digunakan untuk menentukan strategi promosi penerimaan mahasiswa baru STMIK Widya Pratama Pekalongan.