MEWUJUDKAN REMAJA MERDEKA FINANSIAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM KEGIATAN BIMBINGAN REMAJA USIA SEKOLAH

Authors

  • Nur Ika Royanti Institut Widya Pratama
  • Indrayanti Indrayanti Institut Widya Pratama
  • Nurul Amalia Institut Widya Pratama

Keywords:

Side Hustle, Media Digital, Literasi Keuangan, BRUS

Abstract

Program Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang diprakarsai oleh Kantor Urusan Agama (KUA), bertujuan untuk memberikan bekal kepada para remaja terkait kecakapan hidup (life skill), menunda usia perkawinan, dan kesehatan reproduksi. Salah satu dampak negatif media sosial yaitu tekanan dari teman sebaya yang mengakibatkan remaja merasa takut ketinggalan atau Fear of Missing Out (FOMO) dan rasa insecure semakin meningkat. Perilaku tersebut dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku konsumtif yang mengganggu kesehatan keuangan. Literasi keuangan menjadi essential life skill bagi setiap orang termasuk remaja sehingga diadakan kegiatan BRUS dengan materi “Side Hustle dengan Media Digital untuk Generasi Muda Menuju Merdeka Finansial dalam Kegiatan Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS)” di SMA N 1 Pekalongan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan literasi keuangan remaja sebesar 89.59%. Dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat menjadi bekal bagi para peserta dalam mengatur keuangan sehingga mereka mampu belajar memprioritaskan pengeluaran dan mengelola uang dengan bijak serta dapat menambah penghasilan dengan pemafaatan media digital.

References

Ahmad Hamdani, D. (2019). Peran Keluarga dalam Ketahanan dan Konsepsi Revolusi Mental Perspesktif AL-Qur’an. In LPTQ Provinsi Banten dan Gaung Persada (GP) Perss (Vol. 53).

Anggrainy, N. E., & Maddusa, S. S. (2021). Tekanan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Berisiko Mahasiswa. JIVA?: Journal of Behavior and Mental Health, 2(1), 91–98. https://doi.org/10.30984/jiva.v2i1.1436

Arya, T., Paulino, J., & Putra, G. (2024). Akuntansi Praktis Bagi Remaja “ Membangun Keterampilan Pencatatan Keuangan Praktis .” 6(1), 84–90.

Bomantara, D. R., Maharani, A., Mutiara, W., & Hijriah, A. (2023). Studi Fenomenologi: Analisis Pemahaman Literasi Keuangan pada Mahasiswa FEB dan Non FEB Universitas Tanjungpura. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 553–563. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.2830

Hidayat, M. T. (2024). Implementasi Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) dalam Upaya Mencegah Pernikahan Usia Dini. 3(4), 2143–2155.

Hidayatulloh, A. S., & Faruq, H. A. (2024). PELAKSANAAN BIMBINGAN REMAJA USIA SEKOLAH YANG MENJADI PROBLEMATIKA KANTOR URUSAN AGAMA z DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN DINI ( Studi Kasus Di KUA Kec . Mojosari Kab . Mojokerto ) PENDAHULUAN Masa remaja diidentikkan sebagai masa transisi dari kanak-kanak menu. 1(4), 746–753.

Irianti, K. B., Ningrum, D. S., Sakti, T. P. E., Purnamasidi, A. H., Siddi, P., & Wijayanti, A. (2021). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 123–126.

Silaya, M. (2020). Financial health?: suatu kajian pustaka. Silaya: Financial Health, Vol. 14(1), 99–110.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Royanti, N. I., Indrayanti, I., & Amalia, N. (2025). MEWUJUDKAN REMAJA MERDEKA FINANSIAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM KEGIATAN BIMBINGAN REMAJA USIA SEKOLAH. BESTIKOM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–26. Retrieved from https://ejournal.iwima.ac.id/index.php/bestikom/article/view/342