DIGITALISASI PARIWISATA PETUNGKRIYONO BAGI KARANG TARUNA KECAMATAN PETUNGKRIYONO

Authors

  • Arief Soma Darmawan STMIK Widya Pratama
  • Ari Putra Wibowo Institut Widya Pratama
  • Hermanus Wim Hapsoro Institut Widya Pratama
  • Riski Sulistiyaningsih Institut Widya Pratama

Keywords:

digitalisasi, pariwisata, media sosial

Abstract

Petungkriyono memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Dalam upaya mengenalkan pariwisata yang ada di Kecamatan Petungkriyono pengelola Pariwisata menggunakan media cetak dengan memasang spanduk ataupun baliho di sepanjang jalan Petungkriyono. Selain itu pengelola pariwisata juga mengikuti kegiatan ekspo dalam mengenalkan destinasi pariwisata Kecamatan Petungkriyono. Penggunaan media cetak dan mengikuti kegiatan ekspo memerlukan biaya yang cukup besar dan juga kurang luas dalam penyebaran informasi berkaitan dengan pariwisata yang ada di Kecamatan Petungkriyono .Selain itu kurangnya informasi terkait destinasi wisata yang ada di Petungkriyono masih sangat sedikit yang bisa diakses oleh wisatawan. Berdasarkan kendala tersebut solusi utama untuk mengatasinya adalah dengan menggencarkan pemasaran pariwisata khususnya untuk pemasaran digital. Hal ini dikarenakan pemasaran menjadi faktor penting dalam mengembangkan dan menghidupkan kembali desa wisata, strategi pemasaran digital diharapkan dapat memulihkan kunjungan wisata di Petungkriyono. Untuk itu maka diadakan kegiatan pelatihan tentang digitalasasi menggunakan canva untuk pembuatan konten sosial media sosial untuk pemuda Karang Taruna Petungkriyono. Dari kegiatan pengabdian ini pemuda-pemudi Karang Taruna dapat membuat konten sosial yang nantinya bisa diupload di media sosial menggunakan canva. Dengan presentase 89% pemuda Karang Taruna mengetahui digitalisasi dan 94% Pemuda Karang Taruna dapat menggunakan canva serta mengetahui fitur-fitur canva dan dapat mengetahui tips-tips membuat infografis

References

Aji, Riswandha Risang, Retno Widodo Dwi Pramono, and Dwita Hadi Rahmi. 2018. "Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Ekonomi Wilayah Di Provinsi Jawa Timur." Jurnal Planoearth 57-62.

Aji, Rustam. 2016. "Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital)." Jurnal UIN Walisongo 43-54.

Arif, Alfis. 2022. "Workshop Digitalisasi Pariwisata Desa Bantuan Kabupaten Lahat." Jurnal Fordicate 115-123.

Kurniawan, Ampuh. 2017. Ragam Destinasi Wisata Petungkriyana, "Negeri Atas Awan" yang Pesonanya Tiada Dua. Maret 12. Accessed Maret 19, 2024. https://web.archive.org/web/20170312074231/https://ampuhkurniawan.wordpress.com/2015/11/24/ragam-destinasi-wisata-petungkriyono-negeri-atas-awan-yang-pesonanya-tiada-dua/.

Paris, Anggun. 2017. Petung, Keindahan yang Terselubung. Agustus 15. Accessed Maret 16, 2024. https://www.perhutani.co.id/petung-keindahan-yang-terselubung/.

Purbohastuti, Arum Wahyuni. 2017. " Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi." Jurnal Tirtayasa 215.

Retnasary, M., S. D. Setiawati, D. Fitriawati, and R. Anggara. 2019. "Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata." Jurnal Kajian Pariwisata 76–83.

UGM, Forestation FKT. 2017. Petungkriyono, Zamrud Jawa Tengah. January 22. Accessed Maret 18, 2024. https://forestation.fkt.ugm.ac.id/2017/01/22/petungkriyono-zamrud-jawa-tengah/.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Darmawan, A. S., Wibowo, A. P. ., Hapsoro, H. W. ., & Sulistiyaningsih, R. (2025). DIGITALISASI PARIWISATA PETUNGKRIYONO BAGI KARANG TARUNA KECAMATAN PETUNGKRIYONO. BESTIKOM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–14. Retrieved from https://ejournal.iwima.ac.id/index.php/bestikom/article/view/340